10 Kesulitan Dalam Penggunaan Teknologi Komputer

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 1&2. Referensi Oleh Adi Rohman

10 Kesulitan Dalam Penggunaan Teknologi Komputer
  1. Langkah-langkah cara untuk memasang sebuah socket 7 atau chip yang serupa?
  2. Langkah-langkah cara instalasi RAM?
  3. Monitor itu adalah perangkat output,Dan cara mengatasi apabila gambar pada monitor tidak        tampil apa kesalahannya?
  4. Cara mengatasi apabila keyboard mengalami masalah akan ada konfirmasi pada layar                  post,keyboard error/not detect atau kita tidak bisa menekan tombol F2/DEL untuk masuk ke  menu     bios?
  5. Apa Perbedaan Exit without saving setup dan Save and exit setup?
  6. Langkah-langkah cara untuk berpindah menuju layar,bila tidak ada password yang diperlukan   namun ternyata layar ini tiba-tiba muncul?
  7. Tekan tombol yang tepat atau kombinasi tombol dalam rentang waktu yang telah ditentukan untuk      mengakses fungsi setup. Bila tombol tidak ditekan selama waktu itu apa yang akan terjadi?
  8. Cara masuk kedalam menu setup BIOS maka tekan tombol?
  9. Sebutkan tahapan-tahapan pada proses booting!
  10. Langkah-Langkah cara memasang Video card?

JAWABAN :

1.     Langkah-Langkah cara memasang Socket 7 atau chip yang serupa yaitu :
a.     Langkah 1
Pertama-tama, matikan chip dan perhatikan pin-pinnya untuk memastikan bahwa tidak ada yang rusak. Kesemua pin harus tetap mengarah keluar.
b.     Langkah 2
Letakkan chip dengan menaruh pin 1 pada chip dan socket. Perhatikan bahwa pin 1 pada chip tersebut selalu ditandai. Tanda tersebut mungkin sedikit berbeda untuk chip yang berbeda.
c.      Langkah 3
Setelah memasang chip, buka socket ZIF. Pindahkan tuasnya agak menjauh dari socket dari posisi awalnya dan didirikan dalam posisi terbuka. Sedikit hambatan saat angkat tuas tersebut adalah hal biasa. Ketika sudah terangkat penuh, bagian atas socket ZIF akan bergeser.
d.     Langkah 4
Dengan socket yang terbuka, kini adalah saatnya untuk memasukkan prosesor. Luruskan pin 1 dengan arah yang telah dijelaskan pada langkah 2. Masukkan chip prosesor ke dalam socket sehingga keseluruhan pin masuk ke dalam lubang yang sesuai. Dengan socket ZIF apapun, pin CPU dapat dengan mudah masuk ke dalam lubang yang tepat pada socket.
e.      Langkah 5
Periksa untuk memastikan tidak ada celah antara bagian bawah chip CPU dengan socket. Bila terdapat celah maka chip prosesor perlu dipasang ulang.
f.       Langkah 6
Terakhir, untuk mengamankan chip yang terpasang, dorong tuas dengan hati-hati ke bawah hingga posisi menutup. Mungkin akan ada sedikit kesulitan, namun tuas dan socket ZIF masih cukup mudah tertutup.
                                                                 
2.     Langkah-Langkah Cara Instalasi RAM yaitu :
a.     Langkah 1
Pertama, putuskan slot mana yang akan digunakan dan memasang chip SIMM atau DIMM di atasnya. Baik SIMM maupun DIMM memilki kunci, sehingga hanya memiliki satu arah (pemasangan).
b.     Langkah 2
Masukkan modul DIMM langsung ke dalam slot. Modul SIMM dimasukkan pada kemiringan dengan sudut 45 derajat.
c.      Langkah 3
Modul memori harus dikunci pada tempatnya. Untuk SIMM, putar dari posisi miring menuju posisi vertikal. Biasanya akan terjadi sedikit hambatan, tetapi hal ini adalah normal. Jangan memaksa. Bila terjadi kesulitan, chip mungkin terbalik. Putar dan coba kembali.
d.     Langkah 4
Ulangi langkah 1 hingga 3 untuk modul memori yang lainnya. Setelah selesai, pastikan bahwa setiap modul telah diposisikan dengan baik pada slot pada kedua sisinya.

3.     Berarti ada kesalahan pada pemasangan vga/memory atau monitor itu sendiri yang rusak.
4.     Bila hal tersebut terjadi maka bisa dipastikan keyboard rusak/pemasangan terminal keyboard         kurang tepat.
5.     Exit without saving setup adalah Pilihan pertama digunakan untuk keluar dari program setup       BIOS tanpa menyimpan perubahan seting apapun yang dilakukan pada sistem. Sedangkan           Saving and exit setup adalah Save and exit setup digunakan untuk keluar dari program setup       BIOS dan menyimpan perubahan pada chip CMOS. Walaupun disediakan shortcut untuk               melakukan perintah ini, selalu gunakan fitur exit untuk menghindari kehilangan yang tidak           diharapkan pada masukan modifikasi setup.
6.     Langkah-Langkah berikut :
a.     Ketika muncul perintah password,tekan tombol Enter tanpa memasukkan pasword.
b.     Pada layar kedua yang bertuliskan “Password Disabled”,tekan sembarang tombol untuk kembali   pada layar utama setup.
7.     Program BIOS akan melanjutkan dengan proses boot up dengan hasil yang mungkin tidak             diinginkan. Tombol tersebut memerintahkan proses boot up untuk berhenti dan menampilkan         layar menu utama fungsi setup.
8.     Caranya adalah dengan masuk ke menu setup BIOS selama proses boot up dengan mengikuti         instruksi pada layar. Misalnya dengan menekan tombol F2.
9.     Tahapan-tahapan proses booting :
a.     Pertama
Saat komputer dihidupkan, memorinya masih kosong. Belum ada instruksi yang dapat dieksekusi oleh prosesor. Oleh karena itu, prosesor dirancang untuk selalu mencari alamat tertentu di BIOS ( Basic Input Output System) ROM. Pada alamat tersebut, terdapat sebuah instruksi jump yang menuju ke alamat eksekusi awal BIOS.
b.     Kedua
Setelah kegiatan pertama, prosesor menjalankan Power On Self Test(POST), yaitu memeriksa kondisi hardware yang terhubung pada komputer.
Setelah itu, BIOS mencari Video Card. Secara khusus prosesor mencari BIOS milik Video Card. Kemudian sistem BIOS menjalankan Video Card BIOS. Setelah itu, Video Card di inisalisasi.
Kemudian BIOS memeriksa ROM pada hardware yang lain, apakah memiliki BIOS yang tersediri apakah tidak. Jika ya, maka akan dieksekusi juga.
Lalu BIOS melakukan pemeriksaan lagi, misalnya memeriksa besar memori dan jenis memori. Lebih lanjut lagi, dia memeriksa hardware yang lain, seperti disk. Kemudian, prosesor mencari disk dimana proses boot bisa dilakukan, yaitu mencari boot sector. Boot sector ini bisa berada di hard disk, atau floppy disk.

10.            Langkah cara memasang Video Card :
a.     Langkah Pertama
Tempatkan tipe slot tambahan yang sesuai dengan video card. AGP digunakan oleh motherboard ATX yang baru sementara ISA dan PCI digunakan pada board yang lebih lama.
b.     Langkah Kedua
Pilih masukan slot yang sesuai dengan slot yang ada pada motherboard. Beberapa case memiliki masukan yang ditekan keluar sementara masukan yang lain disekrup pada tempatnya.
c.      Langkah Ketiga
Masukkan video card ke dalam slot dengan meluruskan pin dan dengan hati-hati tekan bergantian bagian depan dan belakang papan hingga semua pin masuk pada posisinya. Kartu ISA yang lebih lama akan lebih sulit untuk dimasukkan karena lebih panjang. Ketika menekan kartu ke dalam slot, coba untuk tidak membengkokkan motherboard. Kadangkala perlu untuk meletakkan tangan di bawahnya untuk menekan board yang melengkung. Pastikan telah melakukan groundcase dengan benar.
d.     Langkah Keempat
Setelah card dipasang, kuatkan dengan menggunakan sekrup, jangan lupa untuk memeriksa semua pekerjaan.







Komentar

Postingan Populer